Kabarnya Bandara Juanda Siapkan 568 Extra Flight Selama Lebaran 2019

Sepanjang musim mudik Lebaran 2019, Lapangan terbang Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo akan meningkatkan agenda penerbangan, baik untuk penerbangan domestik atau internasional.

Tidak hanya meningkatkan agenda penerbangan, akan dibangun posko service pada pemakai layanan lapangan terbang sepanjang periode angkutan lebaran. Posko ini dengan spesial mempunyai tujuan untuk memantau serta mencatat gerakan angkutan hawa lebaran serta menyampaikannya pada Posko Terintegrasi Pusat.

Posko akan dibuka di dua titik yaitu, di Terminal 1 serta Terminal 2 jadwal kapal laut Lapangan terbang Internasional Juanda. Untuk operasional Bandar Hawa Internasional Juanda akan bekerja 24 jam sepanjang Lebaran Tahun 2019 sesuai Petunjuk Direktur Jendral Perhubungan Hawa No: INST 02 Tahun 2019 mengenai Penerapan Angkutan Hawa Lebaran Tahun 2019. (1440 H).

Tidak hanya mempersiapkan posko, Lapangan terbang Juanda sudah terima beberapa keinginan extra flight faksi maskapai. Sekarang ini telah masuk keinginan extra flight hadir & pergi penerbangan internasional sekitar 36 flight untuk arah Singapura serta 6 flight arah Kuala Lumpur.

Sedang untuk penerbangan domestik keinginan extra flight hadir & pergi salah satunya 152 flight arah Balikpapan, 100 flight arah Banjarmasin, 80 flight arah Samarinda, 78 flight arah Denpasar, 40 flight arah Palangkaraya, 40 flight arah Batam, serta 40 flight arah Pontianak. Sampai Kamis 9 Mei 2019, keseluruhan keinginan extra flight sekitar 568 flight.

“Mengenai maskapai yang sudah ajukan extra flight sampai sekarang ini yaitu JetStar serta Malaysia Airlines untuk penerbangan internasional. Sedang untuk penerbangan domestik yaitu Air Asia, Lion Air, Batik Air serta Sriwijaya Air. Kami masih menanti mengajukan extra flight dari maskapai lain jadi mengantisipasi lonjakan penumpang waktu arus mudik atau arus balik libur lebaran,” kata Heru Prasetyo, General Manager Lapangan terbang Juanda waktu di konfirmasi, Jumat (10/5/2019).

Sesaat beberapa sarana yang sudah selesai ditangani untuk meningkatkan kualitas service di Lapangan terbang Juanda ialah relokasi ruang parkir kendaraan roda 2 dengan kemampuan menyimpan 1.620 kendaraan untuk terminal 1 serta 1.404 kendaraan untuk terminal 2.

Sedang untuk roda 4 ada menambahkan ruang parkir. Sekarang ini untuk terminal 1 memiliki 1.960 kendaraan serta terminal 2 memiliki 1.183 kendaraan.

“Untuk mempermudah beberapa penumpang dalam proses keberangkatan, sudah ada juga mesin bikin tiket mandiri. 11 Unit self cek in kiosk ada di Terminal 1 (T1) serta 5 unit di Terminal 2 (T2). Dengan sarana ini, penumpang yang melancong tanpa ada bagasi langsung check-in tak perlu melapor ke konter. Kami harap beberapa pemakai layanan bisa memakainya untuk mengurai antrean khususnya waktu angkutan lebaran mendatang,” lebih Heru.

Diluar itu, sudah disiapkan flap barrier sekitar 8 unit semasing di T1 serta T2 untuk percepat proses antrean masuk ruang ruangan nantikan.

“Untuk membuat pengalaman menyenangkan pada penumpang, sarana toilet 3D dengan gambar tempat wisata Gunung Bromo serta Air Terjun Toran Madura, sudah ada di ruang kedatanganm T2 Bandar Hawa Internasional Juanda,” jelas Heru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *